Diposkan pada Liputan

Seminar Nasional: Urgensi Studi Hadis di Indonesia pada Era Milenial

Prodi Hadis Sekolah Tinggi Dirosah Islamiyah Imam Syafi’i (STDIIS) Jember baru saja menyelesaikan perhelatan nasional dengan bentuk acara Seminar Nasional di Hotel Meotel, Jember. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 26-27 April 2019. Tema yang diangkat yaitu Urgensi Studi Hadis di Indonesia pada Era Milenial.

Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, acara dibuka pada pukul 16.30 dengan beberapa sambutan. Yang pertama dari perwakilan Ketua STDIIS. Dalam hal ini disampaikan oleh Wakil bagian akademik, yaitu Ustaz Anas Burhanuddin, M.A. Yang kedua oleh Ketua Prodi Hadis, kemudian disusul oleh Ketua Asosiasi Ilmu Hadis Indonesia (ASILHA), Dr. Muhammad Alfatih Suryadilaga sekaligus peresmian acara. Dan terakhir oleh Ketua Forum Studi Hadis STDIIS (FOKUS), Catur Maulana.

Sesi kedua dimulai ba’da Isya, dengan presentasi bergilir. Materi pertama disampaikan oleh Dr. Suryadilaga, dengan judul Kurikulum Hadis Berbasis IT dalam Perspektif Generasi Milenial. Materi kedua disampaikan oleh Dr. Dasman Yahya Ma’ali, M.A dengan judul Pengaruh Pemikiran Orientalis dalam Ilmu Hadis di Indonesia pada Era Milenial. Materi ketiga ketiga disampaikan oleh Dr. Sufyan Fuad Baswedan, M.A dengan judul Metodologi Al-Mu’allimi dalam Mengoreksi Studi Hadis Kaum Liberalis di Era Milenial. Sedangkan materi keempat disampaikan oleh Dr. Ahmad Luthfi Fathullah, M.A dengan judul Pengaruh dan Peran Digitalisasi Hadis di Era Milenial.

Foto bersama para pemateri. Dari kiri: Dr. Dasman Yahya Ma’ali, Anas Burhanuddin, M.A, Dr. LUthfi Fatullah, Dr. M. Alfatih Suryadilaga, Nur Kholis Kurdian M.A, Dr. Sufyan Baswedan, dan Hendri Waluyo Lensa, M.A

Sesi ketiga dimulai keesokan harinya, dalam bentuk talkshow yang membahas ragam aplikasi apa saja yang diproduksi oleh Dr. Luthfi Fatullah. Kemudian dilanjutkan oleh Dr. Alfatih Suryadilaga yang membicarakan masalah similaritas pada pembuatan karya ilmiah. Sedangkan beberapa peserta yang ikut serta membuat makalah dengan tema seminar, dipisahkan di ruang berbeda dengan mengadakan diskusi panel yang mempresentasikan karya mereka secara paralel.

Acara talkshow bersama Dr. Luthfi FAtullah

Semoga kegiatan ini menjadi awal kegiatan-kegiatan serupa di masa mendatang bagi mahasiswa STDIIS Jember, dengan terus memperbaiki kualitas dan layanan. Dan diharapkan bisa memberi kontribusi positif bagi dunia pendidikan dan generasi muda milenial secara umum. aamiin.

Penulis:

Thalib ilmu hadis sebuah kampus Islam di Jawa Timur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s